Otomotif mobil, terdiri atas 2 kata, otomotif dan mobil. Otomotif merupakan istilah atau kata yang biasanya dihubungkan dengan sesuatu yang bisa berputar dengan sendirinya. Dalam kehidupan sehari-hari, otomotif sering kita hubungkan dengan alat transportasi, baik darat, laut, maupun udara. Tapi, orang lebih sering mengaitkan otomotif dengan alat transportasi darat, terutama motor dan mobil. Nah, kali ini kita akan memfokuskan pembahasan kita pada otomotif mobil.

Saat ini, kita bisa dengan mudah menjumpai bengkel atau tempat-tempat servis mobil lengkap yang sering diberi nama One Stop Service. Mereka memang sengaja melengkapi diri dan menawarkan fasilitas perbaikan maupun perawatan mobil. Fasilitas-fasilitas lengkap inilah yang membuat peluang mereka dalam menjaring konsumen semakin besar. Tidak bisa dipungkiri, dengan semakin berkembangnya bisnis otomotif mobil maka penyerapan tenaga kerja di bidang ini semakin banyak dibutuhkan.

Kenyataan ini disambut baik oleh para pelaku pendidikan yang notabene adalah pendidik atau pendiri lembaga pendidikan. Misalnya, STM dan tempat-tempat kursus yang menyediakan pengajaran dengan jurusan otomotif mobil.

Tidak hanya itu saja, dengan semakin banyaknya tawaran pekerjaan di dunia otomotif mobil ini membuat para calon siswa lulusan SMP juga tergiur untuk mempelajari dunia otomotif. Mereka berpikir, dengan bersekolah di lembaga pendidikan yang menyediakan pelajaran otomotif mobil, maka kesempatan bekerja setelah lulus akan terjamin. Mengingat banyaknya kebutuhan akan lulusan dari jurusan otomotif mobil.

Apakah Otomotif Mobil Itu?


Otomotif mobil adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan mobil. Bisa tentang seluk-beluk perawatan, perbaikan mesin, sistem kelistrikan, perawatan bodi (body repair), dan modifikasinya.

Perawatan dalam Otomotif Mobil


Sebagai pemilik mobil atau kendaraan bermotor lainnya, kita harus mengetahui cara merawat atau menjaga mesin. Juga mengetahui perlengkapan standar yang ada di mobil dengan baik. Misalnya, mengecek keadaan atau kondisi mesin, apakah mesin masih dalam kondisi yang fit dan layak untuk jalan. Mulai dari pengecekan dan penggantian oli yang sesuai dengan karakteristik mesin dan yang dianjurkan oleh pabrikan.

Kita juga perlu memeriksaan kaki-kaki dengan cara spooring dan balancing. Yang dilakukan minimal satu bulan sekali. Selain itu, tips penggunaan peralatan di luar standar yang sesuai dengan kondisi mobil pun perlu diketahui. Ini karena penggunaan peralatan di luar standar yang tidak sesuai, justru akan mengakibatkan kerusakan pada mesin.

Berikut ini beberapa tips dalam merawat mobil.

  1. Cek ketinggian air radiator setiap pagi dan mengisi ulang tabung cadangan radiator sebelum mesin dipanaskan. Disarankan menggunakan coolant yang sudah banyak tersedia di toko-toko suku cadang. Tujuannya agar suhu di dalam radiator tidak mudah over heat saat dipakai.

  2. Cek kondisi oli dan ketinggiannya. Cek pula tanggal terakhir penggantian. Oli yang sudah kelihatan hitam pekat dan ketinggiannya menurun akan mempengaruhi performa mesin dan menyebabkan mesin jadi cepat panas dan aus. Jad, segeralah lakukan penggantian oli dengan SAE yang sesuai apabila hal itu terjadi.

  3. Jangan lupa mengecek ketinggian air aki dan menambahkan air aki jika ketinggiannya berkurang. Apabila air berada di bawah ambang batas minimal ketinggian air maka akan berpengaruh pada kinerja aki. Ini menyebabkan aki lebih mudah tekor, bahkan rusak karena sel yang ada di dalam aki terbakar.

  4. Usahakan memanaskan mesin mobil setiap pagi ± 15 menit sebelum digunakan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelistrikan pada aki dan melumasi seluruh permukaan komponen mesin sebelum dipakai beraktifitas. Sehingga mesin tidak cepat aus atau rusak.

  5. Periksa kelistrikan dengan menghidupkan semua peralatan listrik pada saat memanaskan mesin, termasuk lampu, sein, lampu rem, lampu darurat, klakson, kipas penyeka air hujan, AC, dan peralatan tambahan lainnya. Termasuk sensor atau indikator mesin yang berada di dalam dashboard. Jangan lupa memastikan tidak ada sekering yang putus.

  6. Periksa juga tekanan dan kondisi ban. Pastikan alur ban masih bagus dan layak pakai.

  7. Pastikan bahan bakarnya cukup.


Otomotif Mobil - Perbaikan Mesin dan Sistem Kelistrikan


Kita juga harus mengetahui dan mendeteksi berbagai kemungkinan kerusakan dan penyebabnya sedari dini serta bagaimana cara untuk mengatasinya dengan tepat dan cepat. Perbaikan bisa dilakukan dengan penyetelan ulang. Kerusakan yang terdeteksi secara dini akan mempermudah dalam perbaikannya serta tentu lebih ringan biayanya. Apabila terjadi tanda-tanda kerusakan pada mobil maka sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut.

  1. Pastikan kita mengetahui kerusakan mobil kita. Lalu, segeralah membawa mobil ke bengkel yang menyediakan jasa general cek up gratis untuk menentukan langkah perbaikan selanjutnya.

  2. Bawalah mobil ke bengkel yang benar-benar spesialisasi menangani kerusakan mobil tersebut.

  3. Jangan lupa gunakan selalu suku cadang yang asli karena akan mempengaruhi performa dan lifetime penggunaan mesin mobil.

  4. Pastikan dan cobalah mobil terlebih dahulu sebelum membayar ongkos perbaikan dan meninggalkan bengkel. Jangan lupa untuk menanyakan garansi perawatan jika ada.


Otomotif Mobil - Body Repair


Body repair merupakan bagian dari otomotif mobil. Bagian ini adalah cara bagaimana memperbaiki kerusakan yang terjadi pada badan mobil. Kerusakan tersebut bisa disebabkan faktor alam, usia mobil, kecelakaan, atau kesengajaan.

Proses body repair adalah sebagai berikut.

  1. Dimulai dengan pengecekan kerusakan bodi.

  2. Pengelasan.

  3. Pengentengan.

  4. Pendempulan.

  5. Pengecatan dasar atau epoxy.

  6. Pengecatan warna dasar badan mobil.

  7. Pengecatan menjadi sesuai warna asli mobil.

  8. Pemberian pernis atau pelapis cat transparan yang berfungsi untuk melindungi warna cat mobil agar tidak mudah luntur terkena sinar matahari.

  9. Terakhir, finishing atau pemolesan yang bertujuan untuk mengkilapkan dan menghaluskan sekaligus membersihkan badan mobil yang baru saja dicat.


Otomotif Mobil - Modifikasi


Modifikasi diambil dari kata modif yang berarti ubah atau gaya. Modifikasi pada dunia otomotif mobil bagi para penggila mobil adalah wajib hukumnya. Perubahan bisa pada bentuk bodi, tampilan, perlengkapan, dan performa mesin.

Modifikasi badan mobil bisa dikategorikan menjadi bermacam-macam aliran, di antaranya sebagai berikut.

1. Elegan


Modifikasi untuk jenis ini biasanya tidak mengubah bentuk asli dari mobil. Perubahannya cenderung menambah atau mengubah penampilan, baik eksterior maupun interiornya agar terkesan mewah dan berkelas. Biasanya, mereka mengubah warna eksterior dengan warna-warna yang terkesan berwibawa dan cenderung gelap. Misalnya, warna seperti hitam, putih, biru tua, hijau tua, atau abu-abu, baik itu solid maupun metalik.

Di sebagian badan mobil (seperti velg, emblem, atau lis bodi) dibalut dengan warna chroom agar terkesan blink-blink. Sedangkan untuk interior biasanya mereka mengubah cover jog, dashboard, plafon dan dek, serta door trim dengan warna-warna yang soft dan natural. Seperti putih, abu-abu, coklat, dan hitam.

2. Sport


Jenis modifikasi ini cenderung untuk mengubah bentuk asli dari mobil agar berkesan aerodinamis dan sporty dengan penambahan striping seperti mobil-mobil balap.

3. Lowrider


Modifikasi jenis ini adalah mengubah penampilan mobil dengan menurunkan ketinggian badan mobil semaksimal mungkin hingga terkesan menempelkan badan mobil dengan jalan. Biasanya, untuk jenis ini hanya digunakan dalam even perlombaan atau show semata. Ini karena kebanyakan untuk modifikasi mobil jenis ini agak susah untuk digunakan di jalan umum.

4. Audio Car


Modifikasi pada jenis ini adalah pada perangkat audio visual dari mobil. Mereka menambahkan perangkat audio visual seperti head unit dengan teknologi canggih. Juga speaker yang mampu mengeluarkan suara yang dahsyat dengan didukung perangkat-perangkat audio visual canggih.

5. Adventure


Para pengikut otomotif mobil jenis ini biasanya mendandani dan mengubah mobil dengan tujuan agar mobil bisa mendukung pemilik mobil akan petualangan di alam liar.

6. Retro


Yang berarti kembali ke masa lalu. Biasanya mobil jenis ini justru mengubah mobil mereka agar tampak kuno seperti mobil jaman dahulu.

7. Extreme


Untuk jenis yang satu ini memang patut diacungi jempol. Biasanya, para pemilik mobil akan totalitas dalam memodifikasi mobil. Terkadang sampai diambang batas kewajaran. Karena mereka ingin dikenal dengan menunjukkan bahwa mobil mereka adalah satu-satunya di dunia ini.

Dunia sebenarnya tidak hanya tentang bagaimana merawat, memperbaiki, dan memodifikasi saja. Semua yang berhubungan dengan roda adalah termasuk dalam dunia otomotif. Baik itu motor, mobil, alat berat, kereta, pesawat, kapal, dan masih banyak yang lainnya. Tapi, kebanyakan orang kalau mendengar kata otomotif, pasti bayangan mereka adalah motor dan mobil.

0 comments:

Post a Comment