Pernahkan Anda memeriksa tekanan darah? Berapa kali sehari biasanya Anda memeriksanya? Saat Anda memeriksakan diri ke dokter, sebelum pemeriksaan pasti selalu dilakukan pemeriksaan tekanan darah. Adapun untuk mengukurnya biasanya menggunakan sphigmomanometer atau tensimeter.

Apa yang dimaksud dengan tekanan darah? Tekanan darah adalah tekanan yang dialami oleh darah pada pembuluh arteri darah ketika darah dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh manusia. Tekanan pada darah ini biasanya diukur dengan mengambil dua, misalnya 120/80 mmHg.

Artinya angka pertama (120) menunjukkan tekanan ke atas pembuluh arteri disebut dengan tekanan sistolik, sedangkan angka kedua (80) menunjukkan tekanan darah ketika jantung beristirahat di antara pemompaan. Tekanan darah pada setiap orang berbeda-beda dan dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, di antaranya aktivitas fisik yang dilakukannya, faktor usia, dan dipengaruhi juga oleh berat badan.

Salah satu aktivitas fisik yang baik untuk tubuh agar tetap bugar adalah olahraga. Dengan berolahraga maka otot jantung kita akan menjadi kuat. Bagi mereka yang telah berusia, maka olahraga secara rutin sebaiknya dilakukan agar tidak mengalami tekanan darah tinggi karena orang yang telah berusia ini memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita tekanan darah tinggi.

Selain itu, berat badan juga berpengaruh pada tekanan darah. Orang yang mengalami berat badan lebih akan berpotensi terserang tekanan darah tinggi. Jika seseorang mengalami tekanan darah lebih tinggi dari biasanya secara berkelanjutan maka ia dalam masalah darah tinggi. Sedangkan jika seseorang mengalami tekanan darah lebih rendah atau turun di bawah angka normal maka ia telah mengalami darah rendah.

0 comments:

Post a Comment