A. Apa Itu Komputer?

Pengetahuan komputer dasar yang pertama adalah tentang pengertian komputer. Secara harfiah, komputer berasal dari bahasa Inggris computer. Computer sendiri berasal dari kata to compute‘menghitung’ yang mendapat akhiran –er yang bermakna ‘alat atau orang yang melakukan’.

Dengan begitu, computer adalah alat atau orang yang melakukan kegiatan menghitung. Secara istilah, komputer dikenal sebagai suatu alat elektronik yang berfungsi membantu tugas sehari-hari melalui operasi perhitungan dan logika yang telah diprogramkan kepadanya.

B. Mengenal Hardware Komputer

Pengetahuan komputer yang selanjutnya dibahas adalahhardware komputer. Sebagai sebuah sistem, komputer terdiri atas komponen-komponen yang memiliki fungsi masing-masing. Komponen-komponen yang berbeda fungsi tersebut digabungkan menjadi satu sistem yang memiliki fungsi sendiri pula. Jadi, sebuah sistem komputer yang terdiri atas komponen-komponen tersebut bisa dianalogikan sebagai sebuah orkestra musik yang terdiri atas beberapa bagian.

1. Motherboard

Pengetahuan komputer tentang hardware akan dibuka dengan menjelaskan motherboard. Motherboard adalah komponen penting dalam kelengkapan sistem komputer. Mengapa? Karena pada motherboard-lah semua komponen komputer terhubung.Motherboard pulalah yang mengendalikan kinerja, hubungan, serta komunikasi antarkomponen tersebut. Tanpa motherboard, sistem komputer tak akan bisa berjalan.

Bentuk fisik motherboard adalah sebuah papan sirkuit tercetak yang ditempeli berbagai chip, slot ekspansi dan slot memori, serta soket prosesor. Warna motherboard sendiri beragam. Hal itu sangat bergantung pada desain produsen.

2. Prosesor

Setelah mengulas pengetahuan komputer tentang motherboard, komponen utama lainnya dari sistem komputer yang akan dibahas adalah prosesor. Prosesor adalah otak dari segala kecanggihan komputer. Pada dasarnya, secara teknis, komponen ini bertugas melakukan kalkulasi, operasi logika, dan pengambilan keputusan berdasarkan diagram flowchart yang telah diprogramkan.

Secara umumnya, komponen inilah yang mengolah data, memberi instruksi kepada komponen lain yang tersambung dengan sistem, serta mengendalikan hardware yang terhubung dengan motherboard.

3. Memori dan Modul Memori

Pengetahuan komputer tentang hardware yang selanjutnya diulas adala tentang memori dan modul memori. Anda mungkin sering mendengar istilah RAM. Istilah ini sering diasosiasikan denganmemori. Tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar pula, karena kedua istilah tersebut (RAM dan memori) sebenarnya memiliki arti yang berbeda.

Memori dapat dideskripsikan sebagai perangkat elektronikpenyimpan data sementara yang akan atau telah diproses oleh alat proses dan memiliki kecepatan akses data yang tinggi. Sedangkan RAM, istilah yang sering digunakan orang untuk merujuk memori, sebenarnya mengacu pada suatu jenis memori berdasarkan kemampuannya untuk dibaca dan ditulisi ulang. Benda yang berupa kepingan PCB yang berisi chip-chip memori dan sering disebut-sebut sebagai RAM itu sejatinya disebut sebagai modul memori.

4. Media Penyimpanan Internal

Media penyimpanan utama yang umum digunakan di komputer pribadi atau PC adalah hard disk. Selain hard disk, media penyimpanan lain pun bisa digunakan meskipun kurang optimal dari segi kapasitas dan performa. Kapasitas hard disk yang besar, kecepatan akses yang cukup cepat (meski tidak secepat memori), sertaharga yang ekonomis membuat hard disk menjadi pilihan utama.

5. Media Penyimpanan Eksternal

Media penyimpanan eksternal adalah media penyimpanan massa (mass storage drive) yang penempatannya di luar (external) chassis atau casingsistem komputer. Untuk berhubungan dengan sistem, media penyimpanan eksternal menggunakan port input-output yang tersedia seperti port SCSI atau USB. Dengan demikian pula, media penyimpanan eksternal umumnya bersifat plug and play.

6. Kartu Video dan Akselerator Grafis

Kartu grafis adalah kartu ekspansi (expansion card) yang berfungsi sebagai perangkat pengolah data video dan grafis yang dikeluarkan ke layar penampil seperti monitor atau proyektor. Di masa lalu, keberadaan kartu grafis adalah suatu kewajiban karena belum ada arsitektur graphic controller yang terintegrasi (onboard) di dalam motherboard.

7. Power Supply

Power supply adalah komponen sistem komputer yang berfungsi mengatur input-output listrik dari sumber listrik ke motherboard. Power supply bertugas menyesuaikan tegangan, mengatur arus, membagi daya yang diterimanya dari sumber listrik ke motherboard dan berbagai komponen lain di dalam chassis sistem komputer. Tanpa power supply, sebuah sistem komputer tentunya tidak akan berfungsi karena tak mendapat sumber listrik.

C. Pengenalan Software Dasar Komputer

Selain hardware, sebuah sistem komputer juga harus memiliki perangkat lunak atau software. Perangkat lunak adalah sebuah sistem instruksi, umumnya berupa program yang dapat dijalankan di komputer.

1. BIOS

BIOS adalah singkatan dari Basic Input-Output System. Program ini adalah program dasar pengendali hardware komputer yang pertama kali dijalankan ketika komputer dinyalakan. Fungsinya adalah untuk mengenali, mengecek kesiapan dan status, serta melaporkan status hardware yang terhubung dengan motherboard komputer.

2. Sistem Operasi

Sistem operasi adalah program terpenting kedua yang dijalankan di sistem komputer setelah BIOS. Sistem operasi adalah pogram dasar yang berfungsi mengendalikan hardware serta sebagai platform atau pondasi berjalannya program lain. Sistem operasi yang paling populer adalah keluarga Windows dari Microsoft.

D. Pengetahuan Komputer Lainnya

Masih banyak pengetahuan komputer lain yang tidak mungkin dijelaskan di sini. Anda bisa mencari dan mengetahui pengetahuan lainnya dengan mudah jika Anda mengerti atau memahami bahasa pengantarnya, yakni Bahasa Inggris.

1. Mengapa Bahasa Inggris?

Tidak salah jika bahasa Inggris mendapat gelar kehormatan sebagai bahasa universal. Tak hanya digunakan sebagai bahasa pengantar dalam berbagai kegiatan kenegaraan oleh sebagian besar negara di dunia, bahasa Inggris pun sangat diperlukan dalam penguasaan teknologi informasi.

Ya, untuk memahami pengetahuan komputer, Anda sebaiknya mengetahui beberapa bahasa Inggris dasar yang biasa digunakan dalam petunjuk penggunaan program komputer. Dengan begitu,pengetahuan komputer pun akan dengan mudh Anda kuasai.

Pengetahuan komputer, dalam hal ini tentang cara pengoperasian suatu software, tentu tak bisa dilepaskan dari Bahasa Inggris. Beragam software yang beredar di pasaran mayoritas masih menggunakan pengantar yang memakai Bahasa Inggris, meski di beberapa negara sudah ada yang memakai bahasa ibu sebagai pengantar. Artinya, kemampuan bahasa Inggris tentulah harus dikuasai terlebih dulu untuk mendukung pemahaman Anda tentang software tersebut.

Sebagai contoh, ketika Anda akan memasang atau menginstal sebuah program dalam komputer, petunjuk pengoperasian yang disertakan dalam software tersebut tentu harus Anda pahami dulu untuk menghindari kesalahan penginstalan.

Namun, apa jadinya jika petunjuk penginstalannya saja sama sekali tidak Anda pahami karena menggunakan bahasa yang tidak Anda mengerti. Masihkah Anda akan melanjutkan penginstalan? Rasanya tidak!

Meski ada cara yang mungkin oleh sebagian orang dianggap mudah, yakni bertanya pada yang bisa, namun apakah akan selamanya kita bertanya ketika hendak menginstal suatu program? Tentu saja tidak.

Akan lebih baik jika kita bisa melakukannya sendiri, bukan? Caranya, mulailah belajar sedikit demi sedikit tentang bahasa Inggris. Toh, tidaklah rugi jika kita mampu berbahasa Inggris.

2. Bahasa Inggris Sederhana

Dalam petunjuk pengoperasian sebuah software, biasanya bahasa Inggris yang digunakan bukanlah bahasa yang rumit. Tujuannya jelas, untuk mempermudah pengoperasian. Ya, bahasa Inggris yang digunakan sebagai petunjuk pengoperasian sebuah software adalah bahasa Inggris sederhana. Tidak sulit untuk mempelajari sekaligus mengingatnya.

Bahasa Inggris dalam sebuah petunjuk pengoperasian biasanya hanya berupa kalimat-kalimat sederhana, yang hanya membutuhkan tindak lanjut singkat, seperti menekan yes, no, cancel, skip, next, atau save.

Yang jadi permasalahan, jawaban yang akan dipilih tersebut tentu harus berdasarkan kesesuaian dengan pertanyaan yang diajukan. Petunjuk inilah yang harus Anda pahami benar agar kesalahan-kesalahan kecil dapat Anda hindari.

0 comments:

Post a Comment