Internet adalah jaringan komputer terbesar yang ada di dunia pada saat ini. Internet adalah istilah yang diberikan untuk memberi nama jaringan komputer tersebut. Dengan adanya Internet maka sebuah komputer akan dapat berhubungan dengan komputer lain di mana pun berada asal memiliki fasilitas Internet. Kita dapat bertukar informasi, seperti bertukar file, berbincang-bincang dengan mengirimkan E-MAIL (Electronic Mail) ataupun langsung dengan IRC (Internet Relay Chat).

Apa saja yang Anda perlukan untuk dapat mempergunakan layanan Internet ? Anda perlu sebuah modem, BBS (Buletin Board System) yang memberikan pelayanan Internet, software seperti Mozaik atau NetScape dan tentu saja satu set komputer dan line telepon. Bagi yang tidak memiliki modem tetapi memiliki akses internet di sekolah/kantor dapat juga mendapat layanan internet karena sekolah/kantor Anda juga berfungsi sebagai BBS.

Sejarah Internet
Sejarah Internet dimulai pada tahun 1969. Adapun salah satu momen penting dalam perkembangan internet adalah pada tahun 1988, yaitu ketika Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Word Wide Web. World Wide Web adalah suatu program yang dapat memuat Film, Gambar, Suara, serta Musik yang ditampilkan dalam Internet.

Tahun 1992 komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia pun langsung berubah.

0 comments:

Post a Comment