Sampai sekarang sulit diposisikan, apakah wortel itu termasuk buah atau sayuran? Namun anggap saja pertanyaan itu pertanyaan yang tidak penting. Wortel dikenal sebagai makanan sehat. Terutama secara umum, khasiat wortel dikenal sebagai sumber vitamin bagi mata yang bermasalah.

Wortel berasal dari negara Afghanistan. Kemudian, berkembang di dunia Arab sampai ke seluruh dunia melalui pelaut Italia. Warna merah oranye-nya merupakan warna padat Beta Carotene yang terkandung di dalamnya.

Mineral padat dan vitamin yang menyertai kandungan air dalam wortel, antara lain kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, sodium, zinc, vitamin C, thiamin, riboflavin, niacin, asam pantothenik, folate, vitamin A, E, km beta carotene, beta cryptoxanthin, lycopene lutein dan zeaxanthin.

Adapun keuntungan dari buah-buahan yang identik dengan kelinci ini adalah:

  • Mencegah serangan jantung. Dalam riset Wolfson Gastrointestinal Laboratory di Edinburgh, Skotlandia, diketahui bahwa kolesterol dalam darah berkurang sebesar 11 % apabila 7 ons wortel sehari dimakan selama 3 minggu. Riset dari Mario Negri Institute of Pharmacological Research di Italia juga menemukan bahwa orang yang memakan lebih banyak wortel akan terhindar dari resiko serangan jantung dibanding orang yang sedikit mengonsumsi wortel.


  • Mencegah kanker. Konsumsi beta carotene sering dihubungn dengan pencegahan beberapa penyakit kanker. Peneliti asal Inggris menemukan bahwa peningkatan beta-carotene dari 1.7 sampai 2.7 milligram perhari menghambat resiko kanker paru-paru lebih dari 40 %. Rata-rata wotel mengandung tiga milligram beta-carotene. Dalam penelitian lainnya, memakan wortel yang kaya akan serat mengurangi risiko kanker payudara.


  • Penuaan. Pandangan mata para manula mengalami pengurangan fungsi. Bagi mereka yang rajin memakan wortel 40%, penyakit mata akibat penuaan bisa direduksi.


  • Meningkatkan dan memaksimalkan penglihatan. Kekurangan vitamin A akan mengakibatkan penyakit mata, yaitu gangguan untuk bisa melihat dalam cahaya remang-remang. Vitamin A dalam wortel adalah salah satu solusinya.


  • Stroke. Satu wortel sehari akan mengurangi resiko stroke sebesar 68 %.Dalam riset lainnya, banyak yang menghubungkan efek wortel untuk memperkuat kerja otak. Pasien yang banyak memakan wortel lebih banyak memiliki daya tahan hidup dari serangan stroke.


  • Diabetes. Wortel bagus untuk pengaturan gula darah karena adanya carotenoids dalam wortel. Carotenoids mempertahankan insulin dan mengurangi kadar gula darah.


Banyak keuntungan dari khasiat wortel di atas. Ditambah pula keuntungan lainnya dari wortel segar, yakni pengolahan wortel sangat mudah. Wortel bisa diolah menjadi sayur, bisa dijus, dan bisa di makan mentah-mentah.

0 comments:

Post a Comment