1. Hemat listrik. Kurangi pemakaian listrik di siang hari dan jangan lupa matikan listrik bila tidak terpakai. Selain tagihan lebih hemat, Anda juga berpartisipasi menyukseskan program pemerintah.

2. Cari tahu kebiasaan Anda dalam berkomunikasi. Jika Anda sudah terbiasa untuk menggunakan ponsel untuk berkomunikasi, mungkin ada baiknya mengurangi telepon rumah.

3. Paket internet sesuai pemakaian. Zaman sekarang, hampir setiap rumah memiliki koneksi internet. Setelah tiga bulan, Anda akan tahu seperti apa volume pemakaiannya. Pilihlah paket sesuai dengan pemakaian. Kecepatan agak lambat, tidak masalah dong!

4. Paket langganan TV. Dari sekian puluh saluran televisi, cari tahu apa saja yang jadi favorit keluarga Anda. Bila saluran olahraga hanya dilihat sebulan sekali, maka hilangkan paket tersebut dari langganan Anda. Kalau mau nonton pertandingan bola, datang saja ke rumah teman!

5. Belanja bulanan. Biasakan untuk membeli keperluan rumah tangga hanya sebulan sekali. Anda akan lebih hemat dari segi ongkos transportasi dan bisa memanfaatkan berbagai diskon. Jangan lupa untuk membawa daftar belanja sebelum ke supermarket dan mematuhinya.

6. Pembantu rumah tangga. Pastikan bahwa Anda memang butuh bantuan dari pembantu rumah tangga, pengasuh anak, sopir, tukang kebun, atau tukang cuci. Jika ada pekerjaan yang bisa dilakukan sendiri, kenapa harus membayar jasa orang lain?

7. Beli buah dan sayuran seperlunya. Salah satu sumber pemborosan adalah membeli makanan yang mudah busuk dalam jumlah yang berlebihan. Pastikan buah atau sayuran yang Anda beli harus dapat habis dalam waktu beberapa hari.

Tidak pernah ada yang salah dengan belanja, makan di restoran, pergi liburan, dan lainnya. Dengan begitu, kita juga berkontribusi untuk memajukan perekonomian. Namun, lain ceritanya jika pola belanja kita sangat jauh dari cerdas belanja. Pengeluaran yang terkontrol saja tidak cukup untuk mencapai hidup yang indah dan sejahtera. Pengencangan ikat pinggang kalau membuat kita tidak cantik dan gaya tentu bentuk kontrol yang salah total. Tujuan kita adalah pengeluaran terkontrol yang sesuai dengan apa yang kita anggap berharga dan menyisakan ruang untuk menambah harta agar bisa tetap kaya.

0 comments:

Post a Comment